Silahturahmi Keluarga Tapan-Inderapura Disambut Baik Dandim 0428/Mukomuko yang Bersuku Chaniago

0

PERMATANILAU.COM – Pasca serah terima jabatan (Sertijab) antara Komandan Kodim (Dandim) 0428/Mukomuko Letkol Inf YM Teguh Edi Pamungkas yang pindah tugas sebagai Kodam Jaya Waasren Kodam Jaya dengan Dandim baru, Letkol Czi Rinaldo Rusdy pada Minggu 4 Juli 2021 di Makodim 0428/Mukomuko, Jalan Danau Nibung, Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko.

Selasa, 6 Juli 2021, Dandim yang berdarah minang bersuku Chaniago sekaligus merupakan keturunan dari Inderapura, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat akhirnya menerima dan menyambut baik kedatangan keluarganya dari Tapan dan Indropuro yang berada di Kabupaten Mukomuko.

“Jalinan silahturahmi ini kita lakukan sebagai wujud ramah tamah sebagai keluarga sedaerah dari Kabupaten Pesesir Selatan yang dalam hal ini ternyata Dandim merupakan keturunan dari Inderapura dan dalam perjalannya kisah yang disampaikannya (Dandim,red) ternyata diketahui ibu beliau juga lama berdomisili tinggal di Tapan, sehingga ada sejarah di Tapan pula. Kami bersilahturahmi dan tetap bersinergi baik secara instansi antara pemerintahan dengan kesatuan TNI AD dalam hal ini Makodim 0428/Mukomuko maupun secara ikatan kekeluargaan,” kata Kepala Dinas Kominfo Mukomuko, H. Bustari Maller, M.Hum didampingi istri Laily Suryani, SE.

Sementara itu, Dandim baru Letkol Czi Rinaldo Rusdy yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Komandan Bataliyon (Danyon) Zeni Tempur (Zipur) 9/1 Kostrad, Bandung, Jawa Barat. Ketika menerima kedatangan keluarga Tapan-Indropuro menyambut baik sembari bercengkrama mengenai sejarah hubungan tali kekeluargaan.

“Adapun keluarga saya yang di Indropuro yakni Nenek Koboi dan Nenek Upik Kasan dengan nama aslinya Saklimah. Kalau saya sendiri merupakan anak bungsu dari 6 bersaudara yang lahir di Palembang. Ibu saya namanya Nurlis dan ayah bersuku Tanjung besar di Padang Kota dan bekerja di PT. Pusri sejak Tahun 1964. Sedangkan istri saya asli Aceh dan kami telah dikarunia 3 anak yakni 2 orang padusi (perempuan,red) dan 1 laki-laki,” jelas Dandim.

“Sekali lagi saya menyambut baik kedatangan keluarga saya disini. Alhamdulillah dari pertemuan ini saya menemui anggota keluarga besar kami dari Indropuro yang berdinas di lingkup Pemda Mukomuko yakni Dwi Sep, SP dan Sri Milawati, SE yang juga mengenal baik silsilah di keluarga kami. Kepado sanak sagalonyo yang lah datang bersilahturahmi, terimokasih banyak atas kehadirannyo. Alhamdulillah lah banyak dapek keluargo jadinyo,” tambahnya dengan tetap aktif menggunakan bahasa Palembang lantaran telah lama menetap di Palembang.

Sementara itu, Zonni Fourwanda, SS, M.AP bersama Dory Andrio, SE dan Damrizal, S.Ag juga menyampaikan hal yang sama, bahwa kedatangan dalam rangka bersilahturahmi, tentunya sekaligus mempererat tali persaudaraan sesame putra minang, khusunya eks Pancung Soal dari Kabupaten Pesisir Selatan.

“Semoga tali silahturahmi ini terus terjalin dan terjaga dengan baik. Begitupula didalam hal kedinasan atau instansi juga tetap saling bersinergi satu sama lain,” kata Zonni.

Hal yang serupa disampaikan oleh Dory, jika dirunut tentang Tapan. Maka ibu dari Dandim pasti akan banyak bercerita tentang sejarah selama di Tapan. Kalaupun itu ditelusuri pasti juga aka nada kait-mengakait dalam hubungan persaudaraan. Apalagi dengan cukup lamannya ibunda dari Dandim yang berdomisili di Tapan. Tentu hubungan baik terhadap masyarakat dan khususny mungkin ada beberapa keluarga angkat, dapat semakin mempererat tali silahturahmi dan mengingat kenangan nostalgia yang telah using dimakan zaman.

“Zaman ibunda beliau dengan zaman sekarang tentu sudah berbeda. Waktu atau kondisi saat itu dengan saat inipun sudah jauh berbeda. Mungkin dilain waktu dan kesempatan, jika ada ibunda beliau disini pasti kita akan banyak mendapat cerita kisah yang baru. Sama halnya pada saat merunut silsilah kekeluargaan beliau (Dandim,red) dengan Dwi Sep tadi yang sama-sama dari Indropuro,” tutupnya.

Penulis : Meky Alka

 

Share.

About Author

Leave A Reply

error: Content is protected !!