HUT IBI Ke-70, Dokter Dodi Albarra USG Gratis

0

SINARMUKOMUKO.COM & PERMATANILAU.COM – Dalam rangka memperingati Hari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ke-70 Tahun 2021 dengan tema “Optimalisasi Peran Bidan Pada Pelayanan KIA KB dan Kesehatan Reproduksi Dalam Mendukung Penguatan Pelayanan Primer”. Ketua IMI Mukomuko, Meilan Kurniati, SST, SKM bersama Komisaris RSIA Al-Barra, dr. Dodi Hendra, SpOG dan Dinkes Mukomuko serta TP PKK Kabupaten Mukomuko, menggelar kegiatan USG Gratis terhadap ibu hamil di wilayah Kabupaten Mukomuko.

Setidaknya ada 244 orang yang mengikuti USG gratis dengan rincian, 47 orang dari Desa Mekar Jaya Kecamatan Teras Terunjam, 50 orang dari Desa Sinar Laut Kecamatan Pondok Suguh, 85 orang dari Desa Marga Mulya Kecamatan Air Rami , dan 62 orang dari Desa Talang Arah Kecamatan Malin Deman.

“Ini  kegiatan bakti sosial yang dilakukan bersama dokter Dodi dan merupakan kegiatan sinergi lintas sektoral yang juga melibatkan RSIA Al-Barra, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan TP PKK Kabupaten Mukomuko,” kata Melan.

Terpisah, Komisari RSIA Al-Barra, dr. Dodi Hendra, SpOG mengungkapkan, Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan USG Gratis sudah dilaksanakan dan berjalan dengan baik dan lancar setiap hari Jumat di bulan ramadhan beberapa tahun ini, terkecuali ramadhan tahun lalu dimana waktu itu dalam kondisi awal pandemi. Namun demikian meski saat ini pandemi belum berakhir, pihaknya tetap melakukan kegiatan tersebut dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Kami sangat berterimakasih atas semua dukungan dan mitra dalam pelayanan ini. Khususnya kepada Tim penggerak PKK kabupaten, Dinas Kesehatan, RSUD Mukomuko, Puskesmas dan pihak desa serta masyarakat yang berpartisipasi dan antusias terhadap kegiatan ini. Semoga di Ramadhan berikutnya kita dapat menyelenggarakannya kembali” ungkap dr. Dodi.

Lanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa disamping pelayanan USG gratis. Pihaknya juga menyempatkan diri memberikan penyuluhan tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan. Hal tersebut karna kehidupan tidak hanya dimulai dari saat setelah lahir, namun harus wajib dijaga mulai dari awal kehamilan. “Mari memeriksakan kehamilan pada tenaga kesehatan melalui Posyandu, Puskesmas dan bidan praktek khusus USG kehamilan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan,” tutupnya.

Penulis : Meky Alka

Share.

About Author

Leave A Reply

error: Content is protected !!