Wujudkan Pendidikan Terintegrasi, Yayasan Al-Fattah Nailul Anwar Buka Pendaftaran Secara Gratis

0

Ustd. Miftachul Huda Alchakimy yang biasa akrab disapa Gus Huda selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al-Fattah Nailul Anwar Kabupaten Mukomuko. (Foto:meky/permatanilau.com)

PERMATANILAU.COM – Berangkat dari rasa keprihatinan sebagai tokoh agama, memiliki tekad mewujudkan pendidikan terintegrasi dengan menciptakan generasi penerus kepemimpinan bangsa yang religius, profesional, unggul, mandiri, handal dan berakhlaqul karimah, sekaligus sebagai bentuk kontribusi dalam mendukung terwujudnya visi pemerintah Kabupaten Mukomuko 2016-2021 “Mewujudkan Kabupaten Mukomuko yang Religius, Mandiri dan Demokratis”. Sosok tokoh agama, Ustd. Miftachul Huda Alchakimy yang biasa disapa Gus Huda akhirnya berhasil mewujudkan sebuah yayasan yang diberi nama Yayasan Al-Fattah Nailul Anwar dengan mendirikan Pondok Pesantren Al-Fattah Nailul Anwar dan sekolah formal SD dan SMP Islam Ma’arif Nailul Anwar.

Ditulis oleh ; Meky Alka
Jurnalis sekaligus Direktur Utama PT. Alka Jaya Media, pemilik media online permatanilau.com & sinarmukomuko.com.

Disampaikan oleh Gus Huda, pada Tahun 2021 ini, pihaknya sudah membuka pendaftaran siswa-siswi baru secara gratis. Pendaftaram dibuka mulai Januari hingga Juni 2021, setiap hari Senin hingga Sabtu pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB di Sekretariat SD Islam Al Ma’arif Nailul Anwar yang beralamatkan di Desa Sari Makmur, Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Dijelaskan Gus Huda, adapun visi dari sekolah formal SD & SMP Islam Al Ma’arif Nailul Anwar Tahun Ajaran 2021/2022 yakni “Menjadi pusat pengembang pendidikan yang religius, mandiri, unggul, berakhlak mulia, beriptek dan profesional dalam bingkai islam ahlussunnah wal jama’ah (Aswaja). Kemudian terkait program studi mata pelajaran yang diajarkan untuk program SD, diantaranya upacara, sholat duha, hafalan asmaul husnah, yasin dan tahlil, hafalan jus amma, dan hafalan hadist. Sedangkan untuk program SMP, diantaranya upacara, sholat duha dan zuhur, kaligrafi, seni tari, seni musik, hafalan al-quran, bahasa arab, TIK, dan kitab kuning.

“Dari beberapa program tersebut tentunya memiliki keunggulan membentuk karakter disiplin, karakter pengetahuan imtaq, karaktee mubaligh, karakter kominikatif, dan karakter pengembangan bakat. Selain itu di yayasan ini juga memberikan materi pelajaran. Kita juga memiliki ekstra kulikuker yakni Pencak Silat, Outbound, Tilawatil Qur’an dan Kesenian Hadroh atau marawis. Sedangkan unguk kurikulum yang digunakan yakni Kurikulum K-13, Pengenalan dan Pembelajaran Al-Quran, Hafalan Surat-Surat Pendek, dan Metode Wafa. Adapun keunggulan yang diberikan yayasan ini yakni pengelola juga menyiapkan asrama khusus, sehingga siswa-siswi busa sekolah sambil Nyantri di Pondok Pesantren Al-Fattah Nailul Anwar,” jelasnya.

PONDOK PESANTREN

Gus Huda selaku pengasuh Pondok Pesantren Al-Fattah Nailul Anwar Kabupaten Mukomuko juga menceritakan seperto halnya di era pertama munculnya pesantren pada masa kepemimpinan wali songo yang telah melahirkan kader-kader seperti Sunan Kudus (Fuqoha), Sunan Bonang (Seniman), Sunan Gunung Jati (Ahli Strategi Perang), Sunan Drajat (Ekonomi), Raden Fatah (Politikus dan Negarawan) dan para wali yang lain. Oleh sebab itulah Yayasan Al-Fattah Nailul Anwar juga memiliki tekad mendirikan Pondok Pesantren (Ponpes) dengan motto Mewujudkan Kabupaten Mukomuko yang Religius, Mandiri dan Demokratis 2021.

“Alhamdulillah sekarang pondok pesantren kita sudah memiliki legalitas badan hukum sesuai dengan akte notaris Nurhasni Arif Nomor 177 Tahun 2018 dan Nomor 36 Tahun 2020 dan Badan Hukum Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : AHU-0023734.AH.01.12 Tahun 2020. Dari ikhtiar bersama peran khai atau ustad dan tokoh pemuda serta praktisi yang berhaluan Nahdatul Ulama (NU) akhirnya pondok pesantren resmi berdiri dan juga siap untuk terus menerima santri baru,” ungkapnya.

Terakhir Gus Huda menyampaikan bahwa di pondok pesantren yang memiliki misi, membentuk generasi yang unggul menuju terbentukny khairan ummah, mendidik dan mengembangkan generasi mukmin muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berimtaq dan berfikiran bebas serta berkhidmat kepada masyarakat, mengajarkan ilmu pengetahuan agama serta mewujudkan warga negravyang berkepribdian Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Pondo Pesantren ini juga memiliki materi pelajaran yakni, materi belajar Al-quran, Kitab Fiqih, tauhid, Nahwu, Akhlak berdasarkan Ahlussunnah Wal Kama’ah, Riyadoh, dan pelajaran umum lainnya.

“Adapun untuk tenaga pengajarnya yakni, Muh. Masrur Arifin, Muh. Fiqry Mustofa, Teguh Wibowo, S.Pd.I, Nurul Huda, S.Kom, dan lain-lain. Sedangkan saran prasarananya kita juga menyiapkan aula pondok pesantren yanh representative untuk belajar santri dan pertemuan-pertemuan, lokasi lapangan untuk latihan olahraga pencak silat dan lainnya. Terakhir untuk jadwal pendaftaran Gelombang Ke-1 dimulai tanggal 31 Januari hingga 28 Februari 2021, dan Gelombng Ke-2 tanggal 1 Maret hingga 28 April 2021. Sementara di bulan Mei 2021 sudah masuk tahap seleksi berkas, pemenuhan kelengkapan berkas dan pengumuman kelulusan santri-santriwati baru,” tutupnya.

Penulis : Meky Alka

 

 

 

Share.

About Author

Leave A Reply

error: Content is protected !!