Mukomuko Gelar Vaksin Perdana

0

Kapolres Mukomuko, Andy Arisandi, S.IK hadir dalam kegiatan pemberian vaksin perdana di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko. (Foto:docbuyung/permatanilau.com)

PERMATANILAU.COM – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Senin (1/2/2021) menggelar kegiatan dalam rangka pelaksanaan pemberian vaksin perdana. Dalam kegiatan yang turut dihadiri pejabat SKPD dan FKPD, termasuk Choirul Huda, Wakil Bupati Haidir, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres Mukomuko, Kakan Pengadilan Negeri, Kakan Pengadilan Agama, Sekda dan Kajari serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Dalam penyampaiannya, Kadis Kesehatan Kabupaten Mukomuko menjelaskan, sebelum diberi vaksin maka si penerima akan terlebih dulu diperiksa. Sebab tidak semua orang bisa diberi vaksin. Masyarakat atau sipenerima tidak akan bisa diberi vaksin apabila, diantaranya, terkonfirmasi Covid-19, ibu hamil dan menyusui, mengalami gejala Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA). Kemudian, anggota keluarga serumah yang kontak erat dengan suspek konfirmasi Covid-19, punya riwayat alergi, sedang terapi terhadap penyakit kelainan darah, mengidap penyakit jantung, ginjal, rematik autoimun, pencernaan kronis, hipertiroid, kanker, diabetes, HIV, dan penyakit auto imun.

“Oleh sebab itu seseorang yang hendak di vaksin memang harus melalui serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu. Kemarin sudah dilakukan skrining awal sekarang skrining lanjutan. Dimana skrining lanjutan lebih spesifik lagi untuk melihat kesehatan atau daya tubuh seseorang. Apabila seseorang ada salah satu syarat atau lebih yang tidak boleh diberikan vaksin maka pemberian ditunda dahulu sampai layak untuk di vaksin”, katanya.

Sebelumnya pemerintah sudah melakukan pencegahan dan penanganan penularan Covid-19 dengan cara mensosialisasikan dan menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), termasik juga 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hingga yang kini dengan cara pemberia vaksin. Adapun untuk vaksin yang diberikan ke masyarakat Kabupaten Mukomuko sudah dinyatakan aman dan memang sudah melalui serangkaian uji klinis halal dan sudah medndapatkan ijin BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).

Dalam kegiatan ini, Choirul Huda juga meyampaikan harapannya agar masyarakat di Kabupaten Mukomuko bisa divaksin semua, namun tetap dengan prosedur dan pertimbangn tim medis. Beliau juga memberikan apresiasi khusus kepada Satgas Covid-19 petugas medis, dinas kesehatan dan jajaranya yang sudah bersungguh-sungguh berupaya dan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Mukomuko.

“Saya sangat berterimakasih kepada tim Satgas dan pendukung yang ada di jajaran seluruhnya, kesehatan. Jasa teman-teman sangat luar biasa kepada masyarakat Kabupaten Mukomuko,” tutupnya.

Penulis : Buyung
Editor : Meky

 

 

Share.

About Author

Leave A Reply

error: Content is protected !!