DPRD Seluma Gelar Rapat Paripurna Penetapan Bupati Terpilih

0

PERMATANILAU.COM – Bertempat di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Senin, 25 Januari 2020, akhirnya pasangan calon Bupati Seluma Nomor Urut 3, Erwin Octavian, S.E. dan Drs. Gustianto resmi ditetapkan sebagai bupati terpilih dalam Pilkada yang digelar 9 Desember 2020 lalu.

Penetapan tersebut dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin lansung oleh Ketua DPRD Seluma, Nofi Erian Andesca, S.Sos beserta anggota dan turut dihadiri Plt Bupati Seluma, H. Bundra Jaya, SH, MH berdasarkan keputusan KPU kabupaten Seluma nomor 16/p/.026-KPT/17 05/KPU.KAB/1/2021 tentang penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Seluma tahun 2020 dan surat dari gubernur provinsi Bengkulu no 100/126/1/B.1/2021 tanggal 25 Januari 2020 tetang usulan pengesahan pemberian bupati dan wakil bupati dan pengangkatan bupati,wakil bupati terpilih.

“Jadi rapat paripurna tadi dalam rangka menindaklanjuti surat penetapan bupati dan wakil bupati terpilih,” kata Nofi.

Adapun ketentuan yang terdapat dalam Undang-Undang Republik Indonesia No 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas UUD No 23 tahun 2014 pemerintahan daerah pada pasal 154 ayat(1) mengusulkan mengangkat bupati dan wakil bupati kepada Mentri Dalam Negeri Republik Indonesia. Selanjutnya disela-sela rapat sebelum berakhir dilalukan penandatangan oleh anggota DPRD dimulai dari Waka I DPRD Seluma, Sugeng Zonrio, SH dan Waka II DPRD Seluma, Ulil Umidi, S.Sos.

Untuk diketahui sebelumnya, Sabtu 23 Januari lalu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, Sarjan Efendi, S.E juga sudah menggelar Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Seluma Terpilih Pada Pilkada Tahun 2020 di Balai Adat Kabupaten Seluma. Dalam rapat yang dilaksanakan terbuka untuk umum tersebut juga dihadiri Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada tanggal 9 Desember 2020 yang lalu, Forkopimda, Pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma, partai pengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, dan seluruh anggota KPU Kabupaten Seluma serta undangan lainnya. Diketahui bahwa pasangan calon Bupati Seluma Nomor Urut 3, Erwin Octavian, S.E. dan Drs. Gustianto memperoleh suara terbanyak dengan jumlah 55.638 suara atau 47,98 persen dari total suara sah sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Sedangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Seluma nomor urut 1 Drs. Suparto, M.Si. dan Noviawan Ail memperoleh suara sebanyak 19.205 suara atau 16.56 persen. Kemudian pasangan nomor urut 2, H. Edison Simbolon, S.Sos, M.Si. dan Khairi Yulian, S.Sos memperoleh 41. 122 suara atau 35, 46 persen.

Penulis : Maman
Editor : Meky Alka

 

Share.

About Author

Leave A Reply

error: Content is protected !!