Pererat Tali Silahturahmi, IMASTA Ke-14 Dihadiri Mahasiswa Lintas Provinsi

0

 

PERMATANILAU.COM – Tidak dipungkiri lagi organisasi kemahasiswaan sangat melekat dihati sanubari setiap individu mahasiswa yang berusaha selalu berkembang dan maju dalam kemajuan intelektual. Hal tersebut terlihat pula dari kegiatan Ikatan Mahasiswa Tapan (IMASTA) yang dilakukan Sabtu, 24 Oktober 2020 di MTSN 09 Pessel, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat yang dilakukan sejak pukul 11.00 WIB hingga 24.00 WIB. Dalam kegiatan yang dihadiri beberapa tamu undangan diantaranya, Camat Ranah Ampek Hulu Tapan, Kepsek MTSN 09 Pessel, Anggota DPRD Dapil V, Camat Basa Ampek Balai (BAB) Tapan yang diwakili Sekretaris Kecamatan BAB Tapan, Ketua KAN diwakili sekretaris, serta seluruh mahasiswa dan beberapa alumni. Ketua Umum IMASTA, Noli Anjalka Indra menyampaikan, kegiatan IMASTA sendiri dilakukan dalam rangka mempererat tali silahturahmi antar seluruh mahasiswa Tapan. Sebab mahasiswa yang berasal dari Tapan sudah cukup banyak, bahkan ada yang menimba ilmu kuliah di Provinsi luar seperti UNJA Jambi, UIN SISKA Riau, MALIKUSSALEH Aceh, ITB Bandung, UNIB Bengkulu, UNES Semarang, dan UIN Jakarta.

“Kawan-kawan mahasiswa dari Tapan banyak yang kuliah diluar bang. Tidak hanya di Provinsi Sumatera Barat, tetapi juga ada yang kuliah di provinsi lain. Ini artinya kita sadari bahwa kawan-kawan mahasiswa dari Tapan itu sangat banyak dan bahkan siap untuk menimba ilmu dimanapun. Oleh sebab itu, melalui Milad Ke-14 ini, kami berharap agar jalinan tali silahturahmi ini selalu melekat satu sama lain melalui IMASTA,” kata Noli yang juga merupakan mahasiswa UNAND Padang.

Lanjutnya Noli menambahkan, dalam kegiatan IMASTA Ke-14 yang mengusung tema “Eksistensi Pergerakan Melalui Generasi IMASTA yang Angggun, Intelektual dan Berkemajuan serta Sekaligus penyambutan mahasiswa baru. Tentunya diharapkan juga bisa memacu animo mahasiswa yang berasal dari Tapan untuk bisa berperan aktif dalam kemajuan daerah, setidaknya dari setiap mahasiswa Tapan yang sedang kuliah ataupun sudah memiliki almamater dari setiap Kampus mereka pasti akan banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkan. Oleh sebab itu peran dari mahasiswa Tapan sangat diharapkan bisa memberi dampak positif untuk didaerah ini sendiri. Begitupun dengan beberapa kalangan masyarakat di Tapan, kami juga berharap agar bisa memahami dengan keberadaan mahasiswa di Tapan sehingga dalam hal segi apapun bisa dilibatkan, khususnya dalam memajukan daerah.

“Noli yakin bang, bahwa mahasiswa Tapan baik yang kuliah di Padang maupun provinsi luar, pasti akan memiliki ilmu dan pengalaman yang berbeda-beda. Dan pastinya ilmu yang didapatkan bisa berguna untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka ikut memajukan daerah demi sebuah perubahan yang semakin lebih baik. Contoh kecilnya mungkin dalam segi hal Musyawarah Nagari (Musnag) dan beberapa hal lainnya. Dan untuk mahasiswa agar kiranya bisa terus melakukan sosialisasi pengembangan ilmu pemahaman dari kawan-kawan mahasiswa pada kalangan masyarakat. Karena peran mahasiswa merupakan agent of change (objek perubahan) dan sosial control (Kontrol Sosial),” tambahnya.

Kepsek MTSN 09 Pessel, Syamsurizal, M.Si dalam sambutannya mengakui bahwa mahasiswa memang memiliki peran besar dalam sejarah perjuangan bangsa, termasuk pada zaman masa orde baru (Orba). Iapun menegaskan selain mengapresiasi kegiatan Milad IMASTA Ke-14, pihaknya juga akan siap untuk menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan yang positif seperti ini. “Saya yang merupakan alumni IAIN Imam Bonjol yang kini menjadi UIN, juga sudah lama ikut berorganisasi dan pada saat itu ikut dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI). Oleh sebab itu sebagai alumni mahasiswa yang juga sangat aktif dalam berorganisasi. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan siap untuk menjadi tuan rumah kembali,” katanya.

Terpisah, Camat Ranah Ampek HuluTapan, Mar Alamsyah, S.STP, MA juga menyampaikan melalui kegiatan Milad IMASTA diharapkan agar hubungan baik atau silahturahmi antar sesama mahasiswa selalu semakin terjaga dengan baik, khususnya dalam hal Organisasi Mahasiswa Daerah (Ormada). Hal ini mengingat banyaknya mahasiswa yang hadir dalam kegiatan IMASTA. “Semoga IMASTA terus menjaga hubungan baik antar sesama mahasiswa, termasuk pada mahasiswa Tapan yang kuliah diluar daerah. Pun demikian diharapkan agar mahasiswa tetap bisa bersinergi dengan pihak kecamatan,” ungkap Camat.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Basa Ampek Balai Tapan, Zul Irfan Harun, S.STP yang ikut hadir mewakili Camat BAB Tapan, juga mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi dari kegiatan Milad IMASTA Ke-14. “Semoga dengan wadah IMASTA yang telah dibentuk oleh senior-senior terdahulu, bisa dijadikan sebagai wadah untuk lebih mempererat tali silahturahmi antar mahasiswa tapan. Kemudian melalui IMASTA juga bisa ikut membanggakan daerah dalam hal ini Tapan untuk lebih bisa dikenal didaerah lain. Kami berharap agar IMASTA bisa lebih dikembangkan lagi di seluruh daerah,” tegasnya.

Disisi lain Ketua Umum Lentera Rubik, Rifaldi Makriwal, ikut menyampaikan dengan adanya kegiatan Milad Ke-14 IMASTA yang merupakan wadah bagi mahasiswa yang berasal dari Tapan, tentu diharapkan agar kedepannya mahasiswa Tapan semakin bisa berkontribusi langsung dalam pembangunan di Tapan.

 

“Sukses selalu untuk mahasiswa Tapan. Raihlah ilmu dan pengalaman dimasing-masing universitas, ikutlah untuk membangun daerah ini melalui potensi SDM yang dimiliki sesuai skill (keahlian) bidang masing-masing. Jika kuliah dibidang kesehatan, berperanlah untuk memajukan dunia kesehatan. Jika kuliah dibidang pendidikan, berperanlah untuk memajukan dunia pendidikan. Jika kuliah dibidang ekonomi, berperanlah untuk memajukan dunia ekonomi, begitupun bagi mahasiswa yang kuliah dibidang pertanian, berperanlah untuk memajukan dunia pertanian untuk daerah yang kita cintai ini,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut juga dilakukan acara penyerahan buku secara simbolis dari Ikatan Mahasiswa Tarusan (IMT) pada Ketua Umum Lentera Rubik Ranah Ampek Hulu Tapan. Termasuk pula penyerahan buku dari Direksi Lentera Rubik Sumatera Barat untuk Sahabat Belajar.

Penulis : Meky Alka

Share.

About Author

Leave A Reply

error: Content is protected !!