Optimisme Penantang Petahana Dedi Rahmanto Putra, Arfianof Rajab

0

PERMATANILAU.COM & SINARMUKOMUKO.COM – Sebagai pemilih cerdas, dalam menentukan pilihan politiknya tentu memerlukan referensi untuk memantapkan suatu pilihan. Menjawab hal itu, Penulis mencoba untuk sedikit memaparkan perjalanan hidup tokoh yang fenomenal ini, Dedi Rahmanto Putra.

DRP yang akrab disapa Dedet ini lahir di Tapan, kabupaten Pesisir Selatan, menjalani pendidikan formalnya dari SD- SMA di Tapan. Tahun 1998 diterima sebagai mahasiswa Ilmu Politik Universitas Andalas. Selama mahasiswa selain menimba ilmu beliau juga aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan. Kepeduliannya terhadap kampung halaman pada saat itu, membawanya bergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pesisir Selatan (Imapes-UA). Bersama kawan-kawannya di Imapes-UA, beliau ikut memberikan masukan saran, bahkan ikut mengkritisi kebijakan pemerintah daerah pada saat itu.

Lulus dari Universitas Andalas, Sarjana Ilmu Politik bahkan rela menjadi sopir frelance di KPU (Komisi Pemilihan Umum) Sumatera Barat. Kegigihan dan ketangguhannya sebagai Sarjana Ilmu Politik dibuktikanya ketika menjalani masa-masa sulit nan indah ini. Menariknya, Ketua KPU Sumbar pada saat itu Marzul Veri, ST, kerap memuji beliau yang statusnya Sopir Frelance dengan sebutan “Staf Khusus”.

Tahun 2009 menjadi tahun pertama kali baginya terjun langsung ke dunia politik praktis. Pemilu saat itu, juga merupakan pelajaran pahit baginya. Di usung sebagai calon legislatif dari partai Golkar di Daerah Pemilihan V (lima), tidak mengantarnya ke kursi parlemen Pesisir Selatan. Namun ini membuatnya lebih tangguh, lebih terlatih dan menempanya menjadi pemimpin yang kuat.

Jiwa kepemimpinan yang kuat itu menjadi modal untuk bertarung kembali pada pemilu 2014. Kali ini raihan suara terbanyak di Daerah Pemilihan V (lima) mengantarnya menjadi anggota DPRD Pesisir Selatan. Dan mengantarkan partai Golkar menjadi partai pemenang pemilu di Pesisir Selatan. Berbagai jabatan di komisi dan alat kelengkapan dewan pernah di amanahkan padanya. Menariknya walaupun masih junior di Partai Golkar saat itu, beliau di amanahkan menggantikan seniornya (Alm. Dt. Marta Wijaya) yang tutup usia, sebagai Ketua DPRD. Raihan suara terbanyak menjadi pertimbangan partai Golkar meng amanahkan estafet kepemimpinan Ketua DPRD Pesisir Selatan kepadanya, sebagai bentuk penghargaan.

Penghargaan lain juga diperolehnya dari Universitas Andalas, Pada Ulang tahun Ke 60 universitas Andalas, Namanya di bukukan dalam 100 tokoh yang berdedikasi dalam buku “Seratus Sketsa Untuk Kejayaan Bangsa”. Ini sebagai bentuk penghargaan Universitas Andalas pada alumninya yang mampu berkiprah menuju kejayaan bangsa.

Namun penghargaan tidak membuatnya berhenti dan pongah mengabdi, sebagai Ketua DPRD beliau gesit memperjuangkan pemerataan pembangunan di Pesisir Selatan. Daerah-daerah yang biasanya marjinal kurang tersentuh oleh pembangunan, di berikan perhatian lebih. Ini terlihat nyata pada APBD yang disusunnya dengan pemerintah daerah pada saat itu. Kini kita melihat adanya berbagai pembangunan di daerah marginal, termasuk daerah selatan Pesisir Selatan.

Dampak ini dirasakan oleh masyarakat sehingga pada Pemilu 2019 terpilih kembali dengan Raihan suara terbanyak di Pesisir Selatan, namun kali ini Partai Golkar tidak menjadi partai pemenang pemilu di Pesisir Selatan.

Pada tahun ini 2020, untuk lebih mengoptimalkan pengabdiannya, dan menjawab keinginan masyarakat akan Pemimpin Baru yang memiliki Visi jauh ke depan serta menjawab mandat yang ditugaskan oleh partai Golkar padanya, beliau berhasil Membangun koalisi partai politik untuk menjadi pilihan masyarakat dalam Pemilukada 2020 ini.

Beliau yakin, Akan berhasil juga untuk membentuk kekuatan politik baru yang berbasis di akar rumput, karena beliau tau keinginan masyarakat terutama kaula muda, kaum milenial menginginkan Bupati Baru di Pesisir Selatan. Bupati yang akan mewujudkan peisir selatan yang Maju, Merata dan Sejahtera. Dengan pasangan yang tak kalah tangguhnya Arfianof Rajab, SE. Pasangan yang berkomitmen seia sekata, Pengusaha Asal Ampek Jurai ini bersedia berkerjasama mewujudkannya.

Baca juga di link website Sinar Mukomuko : https://sinarmukomuko.com/optimisme-penantang-petahana-dedi-rahmanto-putra-arfianof-rajab/

Share.

About Author

Leave A Reply

error: Content is protected !!