Sukses Milad, Santri SQ Al-Azhar Tapan Centre Siap Bertanding di MTQ Mendatang

0

PERMATANILAU.COM & SINARMUKOMUKO.COM – Berada dibawah naungan Yayasan Al-Azhar Tapan Centre, dibawah kepemimpinan Nasrizal Rici atau yang biasa disapa Buya Gumay. Akhirnya, Rabu 25 Agustus 2020, SQ Al-Azhar Tapan Centre menggelar kegiatan Milad Ke-1 di Pasar Raya Tapan. Surau yang dibentuk sejak 16 Juli 2019 lalu tersebut, telah memiliki santri sebanyak 289 santri dengan tenaga pengajar sebanyak 16 orang yang terdiri dari 3 ustad dan 13 ustadzah. Buya Gumay menyampaikan pihaknya sangat bersyukur dan berterimakasih pada seluruh pihak yang telah ikut mensuport kegiatan surau selama ini, hingga proses milad dilaksanakan.

Diceritakan Buya Gumay, proses perjalanan surau sejak awal hingga kini, Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Surau yang kini berlokasi di Kampung Talang Pusara, Nagari Talang Koto Pulai, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, setidakanya dalam proses terbentuk waktu itu juga dibantu oleh beberapa pihak yang ikut mensuport. Diantaranya, notaris Ima Oktarina, SH, M.Kn yang akhirnya dalam proses pembuatan akte notaris dalam legalitas hukum yayasan dan surau dilakukan dengan gratis tanpa biaya. Kemudian terkait rencana pembangunan gedung baru di Kampung Talang Bungo , Nagari Tanjung Pondok , Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, atas inisiatif H. Syafriman yang mawakafkan tanahnya seluas 20×35 meter untuk SQ Al-Azhar Tapan Centre.

“Ini artinya dalam proses perjalanan surau memang selalu mendapatkan suport atau dukungan. Bahkan terkait untuk pembangunan gedung baru pun, saat berkoordinasi dengan tim tekhnis Rencana Anggaran Biaya (RAB) juga gratis tanpa biaya. Kami sangat bersyukur dan berterimakasih pada seluruh pihak yang ikut mensuport bahkan memberikan bantuan pada yayasan kami, termasuk belakangan ada pihak juga yang menyerahkan bantuan Al-Quran pada kami. Hingga dalam acara milad, juga selalu disuport oleh Diffa Musik sebagai pengiring dalam jalannya kegiatan acara,” kata Buya Gumay.


Dijelaskannya pula, kegiatan milad yang sebelumnya diagendakan akan dilaksanakan beberapa bulan lalu, namun bisa terlaksana Rabu (25/8/2020) lantaran ada beberapa kendala yang dinilai masih berkaitan dengan Pandemi Covid-19. Tentunya diharapkan melalui kegiatan ini bisa membuat masyarakat semakin banyak lebih tahu dan memahami keberadaan SQ Al-Azhar Tapan Centre dalam rangka mewujudkan santri yang berbakat dalam bidang agama dan beraklah mulia. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat dalam acara milad yakni, “Kita Ciptakan Generasi Yang Cinta Qur’an Untuk Membentuk Pribadi Muslim Yang Berakhlak Mulia”. Adapun harapan kami dari pengurus, dengan kurikulum Iqra 1 sampai Iqra 6, Tahsin Quran (sesuai ilmu tajwid), Tahfiz, dan Kaligrafi yang diajarkan pada santri, serta selama kegiatan di surau santri juga dilakukan pembinaan akhlak dan ilmu tajwid sekaligus melakukan praktek ibadah sholat berjamaah. Tentunya diharapkan kedepan santri yang sudah belajar di surau Al-Azhar Tapan Centre semakin memiliki kepribadian baik dan berakhlak mulia, baik untuk dilingkungan keluarga maupun masyarakat banyak pada umumnya.

“Disurau yang saat ini masih berstatus kontrak dengan nominal Rp.8 juta pertahun. Setidaknya kami telah berupaya untuk membuat santri semakin lebih mengerti tentang ilmu agama dengan kurikulum yang kami ajarkan. Tidak tanggung-tanggung melihat beberapa potensi santri, kami justru siap untuk melibatkan santri dibeberapa ajang lomba, termasuk persiapan menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang sesuai rencana akan dilaksanakan di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan. Begitupun untuk kedepannya di dua kecamatan yakni Basa Ampek Balai Tapan dan Ranah Ampek Hulu Tapan juga bisa melihat bibit-bibit bakat santri yang berpotensi dalam bidangnya, Seperti halnya jika di dua kecamatan ingin mencari santri yang pandai Kaligrafi, maka di surau kamipun juga ada santri yang telah berkarya dibidang tersebut,” jelasnya lagi.


Sementara itu, salah satu Tokoh Masyarakat, Syahbunan Rici juga mengungkapkan, dengan telah berdirinya SQ Al-Azhar Tapan Centre, tentu diharapkan kedepan generasi muda khususnya di wilayah Tapan, sejak dini sudah semakin banyak yang paham dengan ilmu agama, termasuk dalam membaca Iqra dan Al-Quran yang sesuai dengan bacaannya. Begitupun untuk persiapan mencari kafilah ataupun kontingen kafilah untuk diikut lombakan pada kegiatan seperti MTQ dimanapun.

“Seperti yang kita lihat tadi dalam acara Milad Ke-1 ini, tampak dan terdengar pembacaan asmaul husnah yang sangat bagus, begitupun dengan sari tilawahnya. Oleh sebab itu dengan adanya surau ini, tentu untuk persiapan mencari kafilah sudah sangat mudah di 2 kecamatan kita. Karena disurau ini sudah ada cikal bakal santri yang pantas untuk diikutsertakan dalam lomba,” ungkap Sahbunan.

Disamping itu, dalam kegiatan milad yang turut dihadiri oleh, Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni, SH, MH diwakili Asisten III Hamdi, S.Pt, M.Si, dan Penghulu Suku Nan Barampek, Ir. Nasution Datuak Rajo Nan Kayo. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Pesisir Selatan, H. Abral Munanda, M.Ag yang diwakili Kasubag TU, Yosef S.Ag, MA juga menyampaikan, melihat penampilan tahfizh quran, ceramah yang disampaikan dai cilik, dan penampilan qasidah serta asmaul husnah oleh para santri. Tentu diharapakn kedepan agar Surau Qur’an Al-Azhar Tapan Centre bisa menjadi Icon Qur’ani untuk dibagian selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, khususnya di wilayah Tapan.

“Ini adalah suatu kebanggan bagi kita bersama. Ternyata apa yang telah diupayakan oleh seluruh pengurus yayasan membuahkan hasil yang luar biasa. Para santrinya cukup banyak yang memiki potensi untuk semakin bagus lagi untuk dikembangkan melalui kegiatan perlombaan. Santri-santri ini sudah bagus dan mantap untuk diikut lombakan. Sekali lagi ini artinya pendidikan dan keterampilan yang diberikan untuk anak kita telah berhasil dilakukan oleh seluruh ustad dan ustadzah dalam mendidik dan menanamkan karakter agamis, seperti yang kita lihat tadi. Tentu ini akan semakin bagus lagi kalau terus maju dan berkembang, sehingga kedepannya akan ada tangungjawab besar dipundak pengurus untuk menjadikan surau ini sebagai icon di Selatan,” kata Yosef.


Disamping itu, Hamdi mewakili bupati juga menyebutkan, bahwa penampilan seluruh santri di acara Milad Ke-1 memang sangat luar biasa. Diharapkan kedepannya akan semakin ada banyak lagi peningkatan ilmu keagamaan bagi seluruh santri, seperti halnya santri yang menyampaikan ceramah dalam acara milad, diharapkan bisa dibawa ke jenjang yang lebih tinggi karena cara penyampaian dan suaranya yang sangat bagus dalam intonasi penyampaian dimuka khalayak ramai (masyarakat,red).

“Saya sangat mengapresiasi pada seluruh pengurus yayasan dalam proses hingga berdirinya surau quran ini. Semoga kedepan akan semakin maju dan berkembang lagi. Dan semoga pembangunan gedung barunya segera terealisasi cepat agar semakin banyak santri yang ikut belajar disini, sehingga kedepan akan semakin banyak regenerasi yang berakhlak mulia dan paham dengan ilmu agama,” ungkapnya.

Untuk diketahui dalam kegiatan Milad Ke-1 yang berakhir dengan penyerahan bantuan uang serta al-quran kepada pimpinan surau quran. Turut dihadiri dan disaksikan pula oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Karapatan Adat Nagari (KAN), beberapa wali nagari dan tokoh masyarakat , pihak kecamatan dari Ranah Ampek Hulu Tapan yang diwakili Sekretaris Camat (Sekcam), dan Camat Basa Ampek Balai Tapan yang diwakili Sekcam, Zul Irfan Harun, S.STP.

Penulis : Meky Alka

Share.

About Author

Leave A Reply

error: Content is protected !!